Trik Jitu Dekorasi Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Besar

Jika ruang tamu Anda sempit dan berantakan, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah merombak ulang suasana ruang tamu Anda. Namun bagaimana caranya menata ruang tamu dengan ukuran yang kecil agar bis aterlihat lebih luas? Itu perkara yang cukup mudah. Karena Anda hanya cukup bermain dengan penataan serta warna cat yang sesuai agar ruang tamu Anda bisa terlihat lebih luas. Biasanya cat yang digunakan untuk membuat ruang tamu terlihat lebih luas yaitu warna putih.

 

Tips Dekorasi Ruang Tamu

Nah, di bawah ini ada beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan agar ruang tamu kecil Anda bisa berubah menjadi terlihat lebih luas dan menarik, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Penerapan Cahaya

Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah adanya penerapan cahaya. Untuk menciptakan ruang tamu yang luas, Anda bisa memberikan penerangan yang cukup, baik menggunakan lampu atau bahkan dengan menerapkan cahaya dari luar ruangan dengan adanya jendela yang cukup.

2. Manfaatkan Langit-Langit Tinggi

Anda bisa memanfaatkan langit-langit ruang tamu Anda yang cukup tinggi. Guna memanfaatkan ruangan yang kecil ini dengan langit-langit yang cukup tinggi, maka Anda juga bisa bermain dengan jendela dengan ukuran yang cukup tinggi pula. Selain itu, Anda juga bisa bermain dengan wallpaper yang sesuai dengan nuansa ruang tamu Anda.

Agar terlihat lebih luas, Anda bisa memasang tirai di bagian atas jendela. Hal ini bertujuan agar ruangan terlihat lebih nyaman dan juga terlihat lebih tinggi.

3. Pemilihan Karpet Besar

Cara lain untuk menciptakan kesan ruangan yang luas yaitu dengan menggunakan karpet. Anda bisa memilih karpet yang memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan sofa atau kursi tamu Anda. Hal ini bertujuan agar ruang tamu yang Anda miliki terasa lebih besar.

Selain itu, dengan memilih karpet dengan ukuran yang besar juga mampu menciptakan kesan elegan dan mewah pada suasana ruang tamu Anda. Anda bisa bermain dengan tekstur dan corak pada karpet yang Anda pilih. Pastikan karpet yang dipilih memiliki nuansa yang serupa dengan nuansa ruang tamu yang akan Anda ciptakan.

4. Tetap Nyaman

Cobalah untuk duduk bersantai sejenak di ruangan tersebut, apakah Anda sudah merasa nyaman atau bahkan merasa ada yang kurang. Jika Anda merasa ada yang kurang, maka Anda bisa mencoba untuk melengkapinya.

5. Cat Dinding yang Putih

Biarkan dinding dan lantai semuanya putih untuk membuat ruangan terasa lebih cerah. Anda bisa menambahkan karya seni di dinding ruang tamu Anda, pastikan penataan yang sesuai. Dengan begitu Anda dapat menambahkan sejumlah furnitur berwarna-warni sebagai titik fokus ruangan.

6. Tambahkan Ottoman

Anda bisa menggunakan ottoman sebagai pengganti meja ruang tamu agar Anda bisa memanfaatkan ruang tamu ini sebagai ruangan yang ganda. Hal ini dikarenakan biasanya rumah yang kecil akan memiliki ruangan yang terbatas, dengan begitu biasanya ruang tamu yang dimiliki akan memiliki peranan atau fungsi ganda juga, misalkan merangkap pula sebagai ruang keluarga. Maka dari itu, penggunaan ottoman sangat dianjurkan jika dibandingkan dengan meja-meja seperti biasanya.

7. Berkreasi dengan Tempat Duduk yang Rendah

Sofa atau kursi yang lebih rendah menciptakan efek visual langit-langit yang lebih tinggi. Bermain dengan proporsi dan skala juga akan membantu, seperti meja samping kecil di sebelah kursi. Tambahkan saja bantal agar lebih nyaman untuk bersantai.

8. Pilihan Warna-warna Ketat

Seperti yang telah kami sebutkan beberapa kali, ruang kecil tidak berarti Anda tidak bisa bersenang-senang dengan warna. Jadi, jika Anda suka memasukkan warna pastel yang cantik atau warna cerah tetapi ingin memastikan ruang tamu Anda tidak terlihat kacau, triknya adalah tetap menggunakan palet warna yang ketat.

Leave a Comment

Order / Konsultasi: 6285719884882