Tips Jitu Desain Ruang Tamu Sederhana Namun Elegan

Apakah Anda tengah memikirkan desain ruang tamu sederhana yang elegan? Nah, Anda bisa menggunakan ide-ide desain ruang tamu yang akan kami ulas di bawah ini untuk membuat ruang tamu Anda menjadi tempat yang nyaman dan mengundang untuk berkumpul dengan keluarga dan teman.

 

Tips Desain Ruang Tamu

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti guna menciptakan ruang tamu yang nyaman dengan interior yang sederhana namun terlihat sangat elegan dan mewah, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Atur Mood dengan Warna

Warna yang Anda pilih untuk ruang tamu Anda akan memengaruhi perasaan tamu di ruang tersebut. Warna dapat memberi energi pada ruangan tersebut, tergantung pada seberapa intens mereka dan seberapa hangat atau dingin ruangan tersebut.

Skema yang tenang dari biru dan putih yang lembut membuat ruang tamu yang luas ini terasa tenang, sejuk, dan tertata . pengaturan yang anggun untuk pertemuan yang elegan. Karpet berwarna cokelat muda menghangatkan ruangan dan menjaga nada dingin agar tetap seimbang.

2. Perhatikan Dinding dan Langit-langit

Secara tradisional, dinding ruang tamu memiliki perawatan yang lebih rumit atau formal daripada ruangan lainnya, hal ini karena ruangan itu adalah ruang publik. Untuk menjadikannya ruang penyambutan yang mengekspresikan kepribadian Anda, pilihlah pelapis dinding atau perawatan yang mencerminkan gaya Anda.

Anda bisa membuat dinding-dinding di ruangan ini dilapisi dengan cetakan yang chic. Efeknya membawa kehangatan dan tekstur ke dinding dan memberi mereka tampilan zaman kuno atau klasik.

3. Tambahkan Karakter dengan Trimwork Arsitektur

Trimwork memiliki tujuan praktis, menutupi lapisan di mana lantai dan langit-langit bertemu dengan dinding dan mendukung struktur di sekitar ruangan. Tetapi elemen-elemen ini juga melayani tujuan estetika. Gaya trimwork membantu memberi rumah Anda tampilan yang berbeda, apakah klasik, kontemporer, dunia lama, atau regional.

4. Pilih Lantai yang Bergaya dan Nyaman

Sesuai dengan fungsi ruang tamu sebagai ruang publik, pilih penutup lantai yang memberikan kenyamanan di bawah kaki dan membuat pernyataan desain yang juga elegan. Pilihan lantai yang semarak atau yang tepat pastinya bisa dipadukan dengan campuran motif bunga dan garis-garis yang halus di bagian dinding.

Jika Anda lebih suka lantai yang kurang tebal, pilihlah lantai netral yang solid yang memungkinkan perhatian untuk fokus pada furnitur atau seni. Lantai kayu keras dengan permadani area adalah salah satu pilihan paling populer untuk lantai ruang tamu, tetapi ubin keramik, ubin batu, dan karpet juga tidak kalah kerennya.

5. Buat Titik Fokus

Anda bisa membuat titik focus di bagian ruangan tertentu, misalkan seperti hiasan dinding, tanaman, atau bahkan sejumlah koleksi yang Anda miliki juga bisa Anda tata dengan indah di ruangan tamu ini.

6. Penerangan/Pencahayaan

Pencahayaan di ruang tamu harus diarahkan untuk menciptakan suasana yang santai dan nyaman. Bertujuan untuk lapisan cahaya, dan posisikan sumber cahaya dengan tepat sehingga mereka membentuk sekitar segitiga untuk memastikan distribusi pencahayaan yang baik.

Lampu meja yang memfokuskan cahaya ke bawah akan mendorong orang untuk duduk dan rileks. Busur cahaya yang tumpang tindih menyinari tempat duduk dan bukannya dinding atas, mengirim pesan untuk duduk.

7. lengkapi Dengan Aksesoris dan Koleksi

Dinding ruang tamu menjadi hidup ketika Anda menggunakannya untuk menampilkan seni atau koleksi yang Anda sukai. Kelompokkan item untuk benturan, dan gantung cukup rendah hiasan dinding untuk dihubungkan dengan perabot atau arsitektur yang ada di sekitarnya. Kesalahan paling umum dalam menggantung gambar adalah menempatkannya terlalu tinggi.

Leave a Comment

Order / Konsultasi: 6285719884882