Mengenal Plus Minus Lantai Kayu Jati

Dari sekian banyak bagian interior yang ada di rumah Anda, lantai merupakan salah satu item atau bagian yang sangatlah penting yang mungkin saja banyak terlewatkan oleh si pemilik. Padahal, pemilihan lantai yang tepat bisa melindungi Anda dan juga keluarga.

Coba bayangkan kalau Anda salah memilih material untuk lantai rumah Anda, kemudian lantai yang Anda pilih memiliki jenis yang licin, mungkin Anda atau bahkan orang tercinta Anda akan terpeleset kemudian terjatuh. Nah, untuk mencegah terjadinya hal ini, maka salah satu material lantai yang tepat untuk dijadikan pilihan adalah lantai kayu jati.

Tidak hanya bisa menghindari adanya gesekan, namun juga bisa mencegah terjadinya bahaya terpeleset dikarenakan kondisi lantai yang licin. Bukan hanya itu, lantai kayu jati juga adalah salah satu jenis lantai yang paling banyak diminati, karena lantai kayu memiliki sifat estetika yang mana bisa membuat rumah menjadi mewah dan juga elegan. Maka dari itu, lantai kayu ini bisa menjadi pemanis untuk rumah idaman Anda, bukan?

Namun selain Anda memutuskan untuk memilih lantai kayu, ada baiknya jika Anda melihat terlebih dahulu plus minus dari kondisi lantai kayu tersebut. Untuk mengetahui itu semua, yuk kita sama-sama mengulasnya di bawah ini.

 

Kelebihan Menggunakan lantai Kayu

Dibawah ini ada beberapa kelebihan ketika Anda menggunakan lantai kayu, diantaranya seperti:

  1. Lantai kayu lebih awet dan memberi efek visual yang bagus

Umumnya lantai kayu memiliki bahan kayu yang solid, sehingga mampu memberikan kesan estetika yang sangat luar biasa dan juga menarik. Hal ini di karenakan lantai kayu memiliki corak alami, sehingga akan membuat Anda merasa betah dan nyaman ketika berada di rumah, terutama bagi Anda yang sangat menyukai nuansa alami.

  1. Lantai kayu membuat ruangan menjadi lebih hangat

Tidak hanya itu, karena sifatnya yang alami, maka kayu mampu menyimpan kadar panas di siang hari dan juga mampu menghangatkan ketika udara tengah dingin. Itu artinya, lantai kayu mampu menyesuaikan diri dengan suhu ruangan rumah Anda. Maka dari itu, Anda tidak perlu merasa khawatir kalau Anda akan kepanasan atau bahkan kedinginan ketika menggunakan lantai kayu.

  1. Perawatan lantai kayu lebih mudah

Bagaimana untuk perawatan? Umumnya perawatan lantai kayu sangatlah mudah, tidak sesulit yang Anda bayangkan. Untuk membersihkannya, cukup menggunakan vacuum cleaner atau menyapunya dengan menggunakan bulu hakus, sehingga Anda bisa membersihkan kotoran yang terselip.

  1. Lantai kayu memiliki efek yang bagus buat kesehatan

Penting untuk diketahui, bahwa penggunaan lantai kayu ternyata mampu mengurangi pengaruh VOC yang ada di ruangan rumah Anda. Apa itu VOC? VOC merupakan salah satu bentuk senyawa organic yang mana memiliki tekanan uap yang cukup tinggi serta sangat mudah menguap terhadap temperature serta tekanan udara.

 

Kekurangan Menggunakan lantai Kayu

Tidak hanya kelebihan, nyatanya penggunaan lantai kayu ini juga memiliki segi kekurangannya, diantaranya seperti:

  1. Butuh perlakuan khusus agar lantai kayu tidak mudah keropos

Nyatanya penggunaan lantai kayu ini sangat membutuhkan perlakuan yang khusus ketika hendak di pasang, karena memang kayu bisa saja menjadi sarang dari rayap sehingga mudah mengalami kropos jika kondisi kayu mulai lembap.

  1. Lantai kayu tidak tahan terhadap kelembapan yang tinggi

Dikarenakan bahan dasar dari lantai ini adalah kayu, maka lantai tersebut akan mudah melapuk jika terkena air. Itulah mengapa cara membersihkan dengan mengepel sangat kurang disarankan.

  1. Lantai kayu agak susah dibersikan ketika ada noda cair

Seperti yang kita ketahui, bahwa kayu sangat rentan terhadap air, sehingga kayu ini juga akan rentan terhadap noda air. Hal inilah yang membuat lantai kayu sulit untuk dibersihkan. Mengapa? Karena cairan akan langsung meresap kedalam kayu.

Leave a Comment

Order / Konsultasi: 6285719884882