Yuk Kita Kenali Tipe dan Perbedaan Lantai Kayu dengan Lantai Parket!

Penggunaan batuan-batuan ekspos, kayu, dan sejumlah material asli lainnya yang mana di ekspos adalah suatu reperentasi yang berasal dari kekayaan alam Indonesia yang memiliki iklim tropis ini. Nah, hal inilah yang membuat lantai kayu atau dikenal juga dengan lantai kayu parket ini menjadi salah satu jenis lantai yang paling popular di dunia arsitektur Indonesia.

Untuk saat ini baik lantai kayu atau bahkan lantai parket memiliki jenis yang sangat beragam serta cara pengaplikasiannyapun yang tidak hanya satu. Lantai ini biasanya di gunakan untuk indoor flooring, decking, atau bahkan tangga. Untuk material yang sa,a biasanya bisa Anda aplikasikan juga di bagian pergola, aksesoris interios, atau bahkan di fased.

 

Apa itu Lantai Kayu dan Lantai Parket?

Baik lantai kayu atau bahkan lantai parket adalah salah satu jenis lantai yang terbuat dari beberapa kepingan kayu yang mana jenisnya bisa berupakan kayu original atau bahkan kepingan kayu yang sebelumnya melalui proses press yang kemudian diterapkan di atas lantai konkrit. Jenis lantai ini bisa Anda pasang di bagian interior atau bahkan eksterior. Umumnya jenis lantai ini diterapkan dalam dekoratif interior vila, hotel, residential atau bahkan perkantoran.

Meksipun terbilang sama, namun pada kenyataannya lantai kayu dan parket ini jelas-jelas memiliki arti yang berbeda. Karena parket sendiri adalah kepingan kayu yang memiliki profil di beberapa sisi yang mana nantinya beranfaat untuk saling mengunci antara parket yang satu dengan yang lainnya ketika diaplikasikan, setelah itu akan diperkuat kembali menggunakan paku tembak.

Untuk parket sendiri dibagi menjadi 2, yaitu jenis parket solid serta parket engineered. Sedangkan untuk lantai kayu sendiri adalah lantai yang mana terbuat dari kayu satuan yang masih utuh yang kemudian dipasangkan dan diperkuat menggunakan skrup.

 

Tipe Lantai Parket

Nah, dibawah ini ada sedikit penjelasan mengenai tipe lantai parket yang harus Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan lantai rumah yang seperti apa, diantaranya adalah:

1. Parket Solid

Parket solid adalah salah satu jenis parket yang mana menggunakan bahan dasar kayu 100% original dalam proses pengaplikasiannya. Umumnya kayu yang digunakan adalah jenis kayu jati, ulin, bangkirai, sonokeling dan juga jenis kayu merbabu. Untuk parket solid sendiri memiliki 2 jenis, yaitu solid FJL dan juga solid FJ.

  • Solid FJL: Yaitu jenis parket yang mana menggunakan bahan dasar beberapa kayu yang mana nantinya akan disambungkan antara satu kayu dengan kayu yang lainnya. Jika dilihat secara visual maka akan terlihat di bagian garis vertikalnya.
  • Solid FJ: Untuk solid FJ sendiri adalah jenis parket yang mana umumnya menggunakan 1 kayu utuh/1 modul yang mana tidak ada sambungan antara kayu satu dengan yang lainnya yang kemudian akan di pasangkan berjajaran membentuk horizontal.

2. Parket Engineered

Parket engineered adalah salah satu jenis parket yang mana memiliki lapisan yang sangat tipis atau bisa dikatakan veneer di lapisan pertamanya, sedangkan untuk lapisan bawahnya merupakan lapisan multipleks atau plywood yang bertujuan untuk memperkuat parket ini. Umumnya kayu yang digunakan untuk membuat parket engineered adalah jenis kayu jati, whole nut, white oak dan juga sonokeling.

Leave a Comment

Order / Konsultasi: 6285719884882