Cara Memasang Lantai Vinyl Kayu yang Baik dan Benar

Banyak diantaranya orang-orang yang memilih design rumah yang minimalis, terutama mereka yang bertempat tinggal di daerah perkotaan, dimana lahan yang tersedia cukup terbatas. Umumnya rumah dengan design seperti ini akan mengusung konsep yang sangat simple, yang mana akan menunjukkan beberapa elemen yang geometris dan juga minim dekorasi.

Namun bukan berarti hunian dengan konsep seperti ini harus dibiarkan begitu saja. Karena disini Anda bisa memilih sejumlah material yang sederhana yang mana memiliki karakter yang cukup kuat, sehingga bisa membuat rumah Anda terlihat lebih menarik dan terlihat nyaman serta elegan.

Bagaimana dengan lantai? Untuk lantai sendiri, mungkin Anda bisa memilih bahan vinyl yang mana bisa menjadi satu pilihan yang tepat untuk lantai rumah yang simple. Bukan hanya memiliki pilihan motif yang beragam, namun vinyl ini juga sangat cocok jika dipadukan dengan konsep geometris pada hunian Anda. Bukan hanya mudah didapat, namun lantai vinyl ini juga sangat mudah dalam proses pemasangannya.

 

Cara Memasang Lantai Vinyl Kayu

Umumnya lantai vinyl ini bisa dipasang oleh mereka yang berpengalaman, guna memperoleh hasil terbaik. Akan tetapi bagi Anda yang memiliki dana terbatas, maka Anda bisa melakukannya sendiri. Berikut cara memasang lantai vinyl yang baik dan benar:

1. Ketahui Jenis Lantai

Seperti yang sudah kita jelaskan, bahwa lantai vinyl memiliki 3 jenis, diantaranya seperti vinyl roll, tile dan juga vinyl plank. Untuk vinyl plank memiliki bentuk layaknya lembaran kayu yang cukup tipis, dengan ukuran L=10-20 cm dan P=90-100 cm. Untuk lantai vinyl tile, lantai ini memiliki bentuk layaknya keramik. Sedangkan untuk vinyl roll, bentuknya hampir sama dengan karpet roll yang mana memiliki ukuran berkisar 2 meter dengan panjang 25 meter.

Walaupun jenis dan bentuknya berbeda, namun pemasangan dari lantai vinyl ini cenderung hampir sama, yaitu dengan menggunakan lem perekat.

2. Ukur ruang dan pesan lantai vinyl

Selain mengetahui jenis lantai yang akan di gunakan, Anda juga harus mengukur ruangan sebelum memesan lantai vinyl. Pastikan ukuran ruangan dan ukuran vinyl sama. Jika ukuran tidak sama, maka dipastikan Anda akan kekurangan vinyl ketik aproses pemasangan. Untuk berada di titik aman, ada baiknya jika Anda membeli atau memesan lantai vinyl yang memiliki ukuran lebih besar daripada ukuran ruangan rumah Anda.

3. Singkirkan benda di lantai

Untuk memulai proses pemasangan, Anda harus memastikan ruangan yang akan dipasangkan lantai vinyl ini terbebas dari berbagai barang yang berserakan. Jika ada lemari, kursi dan lain sebagainya, sebaiknya Anda singkirkan terlebih dahulu agar pemasangan bisa mudah dilakukan.

4. Bersihkan lantai dengan teliti

Sebelum Anda memasangkan lantai vinyl, Anda harus memastikan kalau lantai ruangan tersebut rata serta kering. Anda harus menentukan titik pusat dari ke-4 sisi dinding yang ada di dalam ruangan. Setelah itu Anda bisa menghubungkan titik yang dimulai dari ujung dinding kea rah titik tengah. Dengan begitu Anda akan memperoleh pola dua garis yang menyilang, dengan begitu Anda akan mendapatkan acuan ketika hendak memasang lantai vinyl.

5. Perekat yang Berkualitas

Agar proses pemasangan sempurna, Anda harus memilih lem perekat yang memiliki kualitas tinggi. Cara penggunaannya adalah, Anda bisa mengoleskan lem ke bagian permukaan lantai dan oleskan pula ke bagian bawah lantai vinyl secukupnya saja. Setelah diolesi lem, segera tempelkan vinyl tersebut. Anda bisa mengikuti garis pedoman yang sudah di buat agar hasilnya sempurna.

6. Pemotongan

Guna memperoleh hasil yang maksimal, pastinya di beberapa ruangan Anda membutuhkan pemotongan lantai, bukan? Hal ini bertujuan agar proses pemasangan vinyl bisa merapat kea rah dinding. Untuk memotong, Anda bisa menggunakan pusau cutter yang tajam, gunakan juga penggaris logam untuk pemotongan yang rapih.

Leave a Comment

Order / Konsultasi: 6285719884882