Seperti Apa Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl?

Memiliki rumah dengan design interior yang indah, nyaman, mewah dan juga berestetika merupakan dambaan semua orang. Bagaiman atidak, kondisi rumah yang bisa membuat nyaman, mewah dan juga berestetika mampu memberikan nilai yang positif bagi siapa saja yang menempatinya, sehingga orang-orang yang menempati rumah tersebut akan terasa nyaman, aman dan juga bangga memiliki rumah seperti itu.

Maka dari itu, sangat wajar jika banyak aspek-aspek yang harus Anda perhatikan dengan baik guna mewujudkan terciptanya rumah yang mewah, nyaman, aman dan berestetika ini. Bahkan Anda juga harus benar-benar memikirkan nuansa atau design rumah, biaya serta bahan yang digunakan untuk menciptakan rumah impian tersebut.

Salah satunya adalah bagian lantai, karena disini Anda harus benar-benar memperhitungkan dengan baik jenis dan juga motif yang cocok untuk lantai rumah Anda. Pastikan lantai yang Anda gunakan adalah lantai yang memiliki motif dan juga bahan yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan, pastikan lantai yang dipilih sesuai dengan nuansa rumah idaman Anda.

Hal ini sangat penting untuk di lakukan, karena selain untuk membuat Anda terasa nyaman, hal ini juga sangat penting Anda pikirkan dengan matak guna menciptakan nuansa rumah yang mewah serta berestetika.

Maka dari itu, penting untuk Anda mengetahui kelebihan dan jug akekurangan dari berbagai jenis lantai yang akan Anda gunakan, entah itu lantai keramik, lantai kayu, atau bahkan lantai vinyl. Nah, di kesempatan ini kami akan membahas kelebihan dan juga kekurangan lantai vinyl yang mana saat ini sudah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau, namun lantai ini juga memiliki motif yang cukup banyak dengan penggunaan bahan yang juga tidak kalah kerennya.

 

Apakah Anda Tahu Apa Itu Lantai Vinyl?

Lantai vinyl sendiri adalah salah satu jenis lantai sintetis atau dalam kata lain jenis lantai yang mana jenis dan motifnya menyerupai lantai lainnya. Misalkan lantai vinyl yang menirukan bebatuan, bata, atau bahkan kayu dan juga marmer.

Lantai vinyl ini umumnya terbuat dari bahan polyvinyl chloride  (PVC) yang mana memiliki tekstur halus serta elastis, sehingga memudahkan Anda untuk memasangnya.

 

Kelebihan Lantai Vinyl

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, seperti apa kelebihan dari lantai vinyl ini? Seperti yang kita jelaskan di atas, lantai ini memiliki motif yang beraneka ragam selain motif kayu, sehingga Anda bisa memilih jenis atau motif sesuai yang Anda inginkan.

Tidak hanya itu, lantai vinyl ini juga memiliki harga jual yang cukup terjangkau, sehingga untuk menciptakan kesan rumah yang mewah dengan pilihan lantai yang tepat, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak. Karena dengan lantai vinyl, Anda bisa memperoleh pilihan lantai dengan motif yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Lantai vinyl ini juga merupakan jenis lantai yang awet, bahkan bisa bertahan cukup lama terhadap paparan sinar matahari baik langsung ataupun tidak langsung yang disertai dengan air hujan. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika memasang lantai ini di teras luar jika terkena air hujan dan juga terpaan sinar matahari.

Yang terakhir, lantai ini sangat mudah dalam proses pemasangannya. Jika Anda paham dalam prosedur pemasangan lantai vinyl, maka Anda bisa memasangnya dengan mudah di rumah sendiri tanpa harus dibantu oleh ahli pemasangan lantai vinyl.

 

Kekurangan Lantai Vinyl

Bukan hanya kelebihan, namun nyatanya lantai vinyl juga memiliki kekurangannya tersendiri yang pastinya harus benar-benar Anda pahami.

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas bahwa lantai vinyl umumnya terbuat dari bahan PVC, yang mana bahan tersebut dikenal sebagai bahan yang kurang baik untuk kesehatan Anda. Apalagi jika ada salah satu keluarga yang memiliki alergi atau sensitive terhadap bahan PVC, maka Anda sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan bahan tersebut. Hal ini di karenakan PVC sendiri merupakan bahan yang mampu melepaskan volatile organic compounds (VOC).

Bukan hanya itu, ternyata lantai vinyl ini merupakan lantai yang mudah rusak jika terkena benda tajam. Jika lantai vinyl rusak karena benda tajam, maka lantai ini akan sulit untuk diperbaiki. Kalaupun mau, Anda diharuskan untuk menggantinya dengan yang baru.

Selain mudah rusak, lantai ini juga akan mudah terkelupas, jika dalam prosedur pemasangannya yang salah atau dalam kata lain pemasangan yang tidak benar. Harus Anda ketahui, bahan vinyl ini sangat tidak cocok digunakan didaerah panas, karena bisa membuat udara terasa lebih panas. Jikapun Anda menggunakan di daerah panas, pastikan Anda menggunakan AC.

Leave a Comment

Order / Konsultasi: 6285719884882